Gresik,jejak pertama walisongo

Leave a Comment
makam sunan gresik

Gresik adalah destinasi wisata religi yang istimewa di Jawa Timur. Ada makam dua Wali Songo, Maulana Malik Ibrahim alias Sunan Gresik dan Raden Paku alias Sunan Giri. Gresik adalah tapak pertama kiprah Wali Songo di Jawa.

detikTravel berkunjung ke sebuah tempat bernama Giri Kedaton di Gresik. Pada masanya, Giri Kedaton adalah pusat Islam di Pulau Jawa. Tetapi pengaruhnya meluas hingga ke seluruh nusantara.

tangga masuk ke makam sunan gresik

"Bila ada raja baru diangkat, harus ada pengesahan dari Giri Kedaton," kata Djawair, Sekretaris Yayasan Sunan Giri kepada detikTravel, Selasa (7/7/2015).

Giri Kedaton tak lepas dari pendirinya, Sunan Giri, seorang anggota Wali Songo. Sayyid Hussein Jumadil Kubro sebagai perintis Wali Songo adalah buyut dari Sunan Giri. Sunan Giri adalah putra dari Maulana Ishaq, ibunya adalah Dewi Sekardadu, putri dari Raja Blambangan, Menak Sembuyu.

Sayang, Menak Sembuyu tidak suka dengan Maulana Ishaq. Sunan Giri yang masih bayi dibuang ke laut di dalam sebuah peti, sampai ditemukan oleh Nyai Ageng Pinatih, seorang saudagar asal Gresik yang tidak memiliki keturunan
Joko Samudro menjadi santri Sunan Ampel sampai akhirnya bertemu dengan ayah kandungnya di Pasai, Aceh. Namanya lantas menjadi Raden Paku dan mendirikan pesantren Giri Kedaton. Disebut Giri Kedaton karena letaknya yang memang berada di atas giri atau bukit setinggi 150 meter.

Sunan Giri wafat pada 1506 Masehi dalam usia 63 tahun. Makam Sunan Giri berada di cungkup berukuran 4x4 meter. Dan cungkup itu masih diberi cungkup lagi yang berukuran sekitar 8x8 meter. Tak terhitung sudah berapa banyak peziarah yang datang ke Giri.

"Sebelum Ramadan banyak peziarah yang datang. Juga pada bulan Rajab dan Ruwah," jelas Djawair.


Pada Ramadan sendiri, peziarah yang datang pada siang hari relatif sedikit. Justru peziarah banyak datang di malam hari yang dimulai pada tanggal 17 Ramadan saat malam Nuzulul Quran dan malam tanggal ganjil mulai 21 Ramadan untuk mencari momen Lailatul Qadar. Malam 25 atau yang lebih dikenal dengan Malam Selawe dianggap sebagai puncak dari Lailatul Qadar. Malam Selawe itu sekarang menjadi tradisi di Gresik. Sepanjang jalan menuju ke Giri telah berubah seakan menjadi pasar malam.

"Malam berikutnya peziarah mulai berkurang. Biasanya pada malam 27 peziarah geser ke Ampel, dan pada malam 29 peziarah geser ke Malik Ibrahim," tandas Djawair.

Nah, Maulana Malik Ibrahim atau Sunan Gresik, adalah Wali Songo yang dianggap paling senior di antara 9 wali yang umumnya dikenal masyarakat di Indonesia. Maulana Malik Ibrahim dianggap sebagai Wali Songo formasi pertama dimana dia masih berdakwah bersama ayahnya Sayyid Hussein Jumadil Kubro, mantan Gubernur Deccan di India yang masih keturunan Nabi Muhammad SAW lewat jalur keluarga ahlul bait di Hadramaut, Yaman.
pendatang berziarah ke makam sunan gresik
Versi sejarahnya beraneka macam terkait kelahiran Maulana Malik Ibrahim. Tapi salah satunya menyebutkan semasa di Maroko, Sayyid Hussein Jumadil Kubro menikah dengan anak penguasa setempat dan lahirnya Maulana Malik Ibrahim alias Maulana Malik Maghribi. Dia diajak berdakwah ke Asia Tenggara dari Kelantan sampai Jawa.

Maulana Malik Ibrahim duluan berdakwah di Jawa dibandingkan para saudara-saudaranya Wali Songo yang lebih muda. Yang kemudian menyusulnya adalah Sunan Ampel, keponakannya yang blasteran Tionghoa dan Timur Tengah, yang berdakwah di Ampeldenta, Surabaya. Makam Maulana Malik Ibrahim juga ada di Gresik, tidak jauh dari Giri Kedaton.

0 komentar:

Posting Komentar

={ berkomentarlah dengan baik dan jangan berdebat :) }=